Darurat Covid Dicabut Komuter Jepang Kembali Sibuk

Jakarta, CNN Indonesia --

Stasiun komuter dan kereta di Jepang kembali dipenuhi warga yang bepergian pemerintah mencabut status darurat pandemi Covid-19 baru-baru ini.

Stasiun kereta Shinagawa di Tokyo terlihat mulai ramai oleh penumpang yang menggunakan masker dan bergegas kembali bekerja di perkantoran setelah ditutup selama kurang lebih setahun.

Pekerja kantoran Akifumi Sugihara (46) mengatakan ia kembali naik komuter untuk pertama kalinya dalam setahun terakhir


"Saya bekerja dari rumah selama lebih dari setahun, dan saya datang ke kantor di Tokyo karena (kebijakan darurat) dicabut hari ini," kata Sugihara.

"Ini benar-benar sudah lama. Saya merasa ini adalah awal yang baru," ucapnya menambahkan seperti dikutip Associated Press.

Pekerja kantor lainnya, Kaori Hayashi (37), mengatakan stasiun kereta sudah seharusnya penuh dan sibuk di hari kerja.

"Dalam pikiran saya tidak ada yang benar-benar berubah," kata Hayashi.

"Kami tetap harus berhati-hati. Saya akan tetap waspada dan menjalani hidup saya seperti biasa," ucapnya.

Jepang mulai melonggarkan kebijakan pembatasan pandemi Covid-19 dengan tetap waspada terhadap risiko lonjakan infeksi virus corona akibat varian Delta yang lebih cepat menular.

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga berterima kasih kepada orang-orang atas kesabaran dan kerja sama masyarakat yang taat menaati kebijakan pemerintah terkait pandemi. Ia juga meminta masyarakat untuk tetap berpegang pada protokol kesehatan Covid-19.

"Sekali lagi, saya meminta kerja sama Anda agar kita dapat kembali ke kehidupan sehari-hari dengan perasaan aman," kata Suga.

Pemerintah Jepang menerapkan status darurat pandemi Covid-19 di hampir separuh negaranya selama beberapa bulan terakhir secara bertahap.

Kebijakan itu akhirnya dicabut pada Kamis (30/9) setelah negara ini mengalami tren penurunan kasus virus corona yang stabil.

(pwn/rds)

[Gambas:Video CNN]

0 Response to "Darurat Covid Dicabut Komuter Jepang Kembali Sibuk"

Post a Comment